This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Kamis, 29 Januari 2015

Partisi & Repartisi Oppo Find 5 Mini

Masalah utama hampir semua produk OPPO ya pembagian atau besaran partisi /Data (ada yg bilang phone storage, memori internal, ROM bahkan dibilang RAM-entah belajar dari mana)

YANG DITULIS DIMARI GA BERLAKU UNTUK SERI FIND 5 MINI DENGAN STORAGE 8GB, KALO MAKSA BISA DIPASTIIN BAKAL HARDBRICK ALIAS HAPE JADI GANJELAN MEJA.

Yang jelas sih seperti ini pembagian dari IC storage sebuah Oppo Find 5 Mini :

















Partisi /Data ga cuma nampung aplikasi doang, tapi juga nampung data tambahan dari aplikasi, misal kalo aplikasinya Game, maka data tambahannya bisa jadi data animasi game, save game dan atau misi gamenya atau level gamenya. Bayangin banyaknya data cuma untuk 1 game, belom lagi aplikasi sosial media (ga enak dengernya sama ngetiknya tapi dikenali umum gitu sih).
Dengan gampang penuhnya partisi /Data, otomatis besar 1000MB ga cukup. Sementara, ada partisi SDCard0 (lucunya beberapa bilang partisi ini memory internal, jadi bingung) yang kalo usernya masang kartu SDCard (partisi /SDCard1 sering dibilang memori eksternal) hampir bisa dibilang ga ada fungsinya. Jadi para master dari pegunungan vietnam turun gunung bikin script modifikasi partisi atau yang lebih dikenal dengan nama repartisi R827 Mod Phan Vung (sumpah gw ga tau asal usul nih mod, cuma karena namanya berasa vietnam maka gw tulis gitu diatas hehehe).

Nah seperti inilah pembagian IC Storage sebuah Oppo Find 5 Mini setelah repartisi 2GB Mod Phan Vung

















Hampir semua yang tertarik merepartisi Find 5 Mini hanya sampai 2GB. Kok ngga lebih? Karena beberapa udah nyoba ke 2.5GB dan hapenya BootLoop. Awal bulan Desember 2014, Oppo Indonesia melepas upgrade unified memory 4GB hanya di Service Center saja. Tapi banyak keluhan seperti contohnya yang ini:




























Karena penasaran, gw akhirnya mencoba nekat merepartisi Find 5 Mini gw dengan 2.5GB dan sukses dengan sedikit error. Ternyata disaat yang sama ada seorang master grup Find 5 Mini yang berpikiran sama, tapi dia buat script repartisinya berdasarkan mod phan vung dan gagal (padahal gw dengan mod phan vung berhasil).Setelah sharing pengalaman, sang master berkesimpulan ada yg bisa dengan mod biasa dan ada yg ga bisa. Karena pengalaman gw kuliah di elektronika, gw sadar ada 2 buah tipe IC yang berbeda dalam satu (atau lebih) lini produksi Find 5 Mini. Kemudian sang master memodifikasi script repartisi untuk agak sedikit berkurang hasil repartisinya mengingat kemungkinan ketidakmampuan menerima mod repartisi hampir penuh, dan berhasil. Dia namain 2.5GB first batch yang hasil modifikasi dia dan 2.5 new batch hasil gw boleh nemu. Penamaan ini juga awalnya karena perkiraan yang ngga bisa repartisi 2.5GB mod phun vang adalah produk sebelum 2014 dinamain first batch sedangkan yang sesudah adalah new batch. Tapi ga taunya ketemu yang produksi 2014 tapi bisanya yang pake first batch. Karena ketidakkonsistenan atau lebih tepatnya ketidaktahuan, maka tutorial repartisi 2.5GB agak bisa dibilang coba2 dan ini yg suka bikin takut para pemula.

Nah seperti inilah pembagian partisi IC storage Oppo Find 5 Mini setelah direpartisi 2.5GB yang First Batch

















Oke, Trus gimana caranya merepartisi sampek kaya gitu?

Download Bahan:
1. Root : http://www.mediafire.com/download/news51ms3sc226d/Root+Master+1.3.6_Cekas_Fix.apk
2. Custom Recovery : https://docs.google.com/uc?authuser=0&id=0B3WN8GSHAwdaVHdSUjBXNC03b2M&export=download pastiin nama filenya "R827cwmrecovery.img"
3. Mobile Uncle tools : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobileuncle.toolbox&hl=en
4. File Repartisi : https://docs.google.com/uc?id=0B2B2_MjfyDJQcG54QTVINzF1U2c&export=download pastiin nama filenya "R827_Multi_Repartition.zip"

5. Custom Rom : http://www.mediafire.com/download/gwevvg1gml1wlj6/ColorOS-1.2.2i-Dolby.zip pastiin nama filenya "ColorOS-1.2.2i-Dolby.zip"

Langkah:
I. Root
-. Install aplikasi "Root+Master+1.3.6_Cekas_Fix.apk" & jalanin aplikasinya
-. Pilih "Mulai Root" dan tombol Root.
-. klik iya/yes (berwarna merah)
-. Tunggu hingga selesai proses rooting.
-. Jika sudah kemudian lihat menu aplikasi apakah sudah terinstal aplikasi "Perizinan Rumah Tangga".
-. Jika sudah terinstall berarti Android kamu berhasil di Root.
-. Kamu bisa cek menggunakan root checker.

II. Pasang Custom Recovery
-. Jalanin aplikasi Mobile Uncle Tools
-. Pilih Recovery Update & pilih R827cwmrecovery.img
-. Pilih OK sampek reboot.

III. Repartisi 2GB
-. Arahkan seleksi ke "install zip from sdcard"
-. Arahkan seleksi ke "choose zip from sdcard"
-. Arahkan seleksi ke "R827_Multi_Repartition.zip", Arahkan seleksi ke "yes"
-. Pilih Bahasa dengan tap di layar, tap next, tap next lagi.
-. Tap lagi kotak sebelah kirinya "I Agree with this Term and Conditions..."
-. Tap 2GB, tap Next, kemudian tap install dan bersabar karena proses makan waktu sangat lama

Bila mau mencoba repartisi 2.5GB, maka lanjut ke langkah IV. Peringatan, langkah setelah ini beresiko tinggi BootLoop.

IV. Repartisi 2.5GB, Peringatan : Hanya Jika punya keberanian untuk melanjutkan, kemungkinan Bootloop bisa 50% bila ngga sesuai IC Storagenya, 75% jika anda hanya coba2 dan 100% jika anda panik.
-. langkah sama dengan III, hanya pilih 2.5GB yang New atau yang First. Bila gagal, coba yang 2.5GB yang lainnya. Bila masih gagal, maka balik lagi aja ke 2GB.

V. Hapus Semuanya
-. Arahkan seleksi ke "mounts and storage"
-. Arahkan seleksi ke "format /data", Arahkan seleksi ke "yes"
-. Arahkan seleksi ke "format /system", Arahkan seleksi ke "yes"
-. Arahkan seleksi ke "format /cache", Arahkan seleksi ke "yes"

VI. Pasang Custom ROM Color OS 1.2.2i
-. Arahkan seleksi ke "install zip from sdcard"
-. Arahkan seleksi ke "choose zip from sdcard"
-. Arahkan seleksi ke "ColorOS-1.2.2i-Dolby.zip", Arahkan seleksi ke "yes"

Credit :

Credit : 
-. Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang Menghidupkan dan yang Mematikan, semuanya tidak akan tercapai tanpa izinnya.
-. Bini Gw yang Cantik, makasih udah jadi penenang hati gw.
-. Semua anggota grup Find 5 Mini Indonesia di Facebook.
-. Bang Ajo Grage buat file repartisi "R827_Multi_Repartition.zip" dan custom rom "ColorOS-1.2.2i-Dolby.zip"
-. Yang punya web http://www.inwepo.co/2014/02/cara-mudah-root-android-dengan-root-master.html untuk langkah2 rootnya.

69 komentar:

  1. Makasih bro Agus, yang penting berguna buat temen2 kita user Find 5 Mini

    BalasHapus
  2. Mas, ini klo mau repartisi sampe 2 GB saja harus sampe langkah 6.? atau cukup langkah 3 saja.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai langkah 3 aja, kan ditulis "Bila mau mencoba repartisi 2.5GB, maka lanjut ke langkah IV. Peringatan, langkah setelah ini beresiko tinggi BootLoop."

      Hapus
  3. Gan, ane udah repartisi, nah cara update system nya gimana ya
    Soal nya udah beberapa kali ane coba ga bisa bosa
    Mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau update, recovery harus yang ori, cara sama dengan pasang custom recovery, cuma filenya harus cari di grup find 5 mini, karena gw ga nyimpen. kalo udah, update bisa langsung dilakukan.

      Catatan, jangan melakukan update lagi bila muncul di changelognya/perubahannya kata2 ganti partisi, karena akan merusak hasil repartisi & membuat sistem kehilangan kestabilan.

      Hapus
  4. Min pas langkah kedua, R827cwmrecovery.img gk di temukan di Recovery update, gimana nih? nyimpennya harus dimana biar ketemu? sms ane min 089656582562, klu berhasil ane kasih pulsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bales, saya habis sakit.

      File R827cwmrecovery.img mohon dipindahkan dari folder download yg default ke luar (tidak didalam folder manapun).

      Hapus
  5. maksudnya arahkan seleksi itu apa ya? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya seleksi semacam kursor, atau dicoba aja dulu masuk cwm, nanti juga paham maksudnya seleksi tuh apa

      Hapus
  6. okeee udah bisa, makasih banyak untuk yang buat blog nyaaa!!! :D

    BalasHapus
  7. Klo udh root garansi udh hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya orang2an OPPO sih iya, padahal sebelomnya bilang ngga. tapi root kan bisa di unroot

      Hapus
  8. Balasan
    1. sebenernya cuma memory internalnya aja, kan masih 1 IC Storage.

      Hapus
  9. Mas saat root muncul network links failure please check knapa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngga ngerti tuh, blom pernah ngalamin gitu. mungkin coba root pake aplikasi lain seperti kingroot atau one key root

      Hapus
  10. maz bro kalo yg 4gb ntuh system ama internal nya digabung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beli Find 5 mini pertama kali sekitaran taon kemaren, speknya kan bilang 4GB, ya berarti /system + /data + /cache + /swap = 4GB.

      Btw jangan pernah nyoba pilih option 4GB di saat repartisi, bisa rusak berat & ke SC pun ga bakal sembuh.

      Hapus
  11. gan ane kemaren nyoba naekin ram ke yg 2.5.. pas di reboot bootloop... nah ane bawa tuh hape ke conter katanya ram nya jebol.... cara benerin nya gmana... mohon pencerahan nya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yuk dibaca tulisan gw diatas :
      "Bila mau mencoba repartisi 2.5GB, maka lanjut ke langkah IV. Peringatan, langkah setelah ini beresiko tinggi BootLoop.

      IV. Repartisi 2.5GB, Peringatan : Hanya Jika punya keberanian untuk melanjutkan, kemungkinan Bootloop bisa 50% bila ngga sesuai IC Storagenya, 75% jika anda hanya coba2 dan 100% jika anda panik.
      -. langkah sama dengan III, hanya pilih 2.5GB yang New atau yang First. Bila gagal, coba yang 2.5GB yang lainnya. Bila masih gagal, maka balik lagi aja ke 2GB."

      Hapus
    2. "Bila gagal, coba yang 2.5GB yang lainnya. Bila masih gagal, maka balik lagi aja ke 2GB."

      Hapus
  12. Official rom terakhir :
    http://61.28.225.57/download/

    BalasHapus
  13. Gan ane msh blm ketemu nih r827cwmrecovery padahal udah ane pindahin keluar folder !
    Pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori baru bales, pake browsernya yg firefox, jd file yg didownload ga direname jd aneh

      Hapus
  14. Ram saya udh 2.5 tp skrg udh mulai gl bosa download aplikasi lg. Gmn gan pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bukan RAM, tapi memori internal alias /data
      2. Walau sudah 2.5 GB tapi kan terbatas juga karena digunakan untuk aplikasi dan data aplikasi yang diinstall
      3. Hapus aplikasi2 yang ngga kepake lagi atau jarang dipake.

      Hapus
  15. maaf gan saya mau tanya setiap saya pilih R827_Multi_Repartition.zip selalu failed knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin file downloadnya korup, coba download via pc

      Hapus
  16. maaf mas mau tanya...setiap saya pilih R827_Multi_Repartition.zip selalu failed trs knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download filenya korup, bukan pake cwm yg diport untuk find 5 mini dll. Penyebabnya banyak.

      Hapus
  17. selamat siang mas donie octora , mas saya repartisi dengan cara di oppo community ya ... tapi saya tidak melihat note yang harusnya repartisi berbatas 2gb , saya malah repartisi jadi 2,5gb. dan akhirnya bootloop mas don. saya coba fac reset tetap tidak hidup. sekiranya mas donie punya solusi dari masalah saya . mohon di inbox atau di reply mas. trims sebelumnya artikel yang sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake cara disini, pake yang pilihan 2GB aja dulu

      Hapus
    2. Catatan, mas Muhammad Insan sudah menggunakan custom recovery cwm. Bila masih menggunakan recovery asli, maka cara satu2nya ya cuma minta diperbaiki di Service Center

      Hapus
  18. Maaf gan
    hp saya kan sudah ada king root
    Bisa gak???
    Apa harus gunain root yg atas??

    BalasHapus
  19. Maaf gan klo sudah direpartisi dipemberitahuan kan muncul tulisan Phone Storage Damaged"/Format Now klo diklik format data nya hilang atau tidak thank sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg hilang yg ditaro di memory internal, pindahin dulu ke sdcard.

      Hapus
  20. Alhamdulillah Fini 5 mini gw udah terasa lega bgt setelah repartisi 2.5GB. Download aplikasi/game juga jadi semangat :D
    Awalnya sempat dag dig dug nungguin loading 10 menit lebih, pas udah nyaris frustasi loading kelamaan mau gw tekan power lama.. Eh,,,, nongol layar wizardnya.. :v

    BalasHapus
  21. Hahahahaha, bahasa kriting, bisa aje ente.....

    BalasHapus
  22. selamat pagi mas
    mau nanya oppo 5 mini saya kok di storagenya udah ke bagi dua ya dari sananya?
    phone storage 1,51 GB dan system storage 1 GB free 688 MB. dan semua download dan aplikasi cache masuk system storage padahal sudah saya arahkan untuk masuk sd card atau internal storage.
    nah pertanyaannya
    1. apa semua oppo emang kaya gini system storagenya?
    2. cara partisi yg di atas gedein system storagenya ato phone storagenya mas?

    makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. oppo find 5 mini ada dua versi. versi lama dengan total storage 4GB seperti di diagram awal postingan gw ini. versi baru dengan total storage 8GB, gw ga punya pembagian partisinya, jd ga ditunjukin dimari. untuk mengetahui detail partisinya, mas KPPN bisa install diskinfo dan coba konsultasikan ke grup oppo find 5 mini official di facebook.

      2. cara repartisi diatas itu memperbesar partisi /data menggunakan partisi /sdcard0 alias user storage (sdcard non fisik). dengan cara repartisi ini, user akan mendapatkan ruang instalasi aplikasi yang lebih besar tapi ruang penyimpanan hasil download atau file lain menjadi lebih kecil (kalau ngga mau dikatakan habis). Jadi user storage lebih diarahkan ke partisi /sdcard1 atau sdcard fisik.

      Hapus
    2. oh iya, berarti tanpa memori eksternal, internalnya memang sudah dibagi dua ya? internal storage sama buat instal aplikasi. oke sip mas, makasih infonya. semoga berhasil partisinya.

      oiya mas, kalo mau partisi cm sampe 2 GB gak perlu download custom rom kan ya?

      Hapus
    3. ga perlu. saat gw nyoba repartisi juga masih di coloros 1.0.0 kok.

      Hapus
  23. udah berhasil sampe step 3 dan reboot, tapi sampe sekarang kok belom keluar menu selanjutnya ya.
    prosesnya emang bakal selama ini sampe 1,5 jam lebih ya?
    dan kalo gagal gmana? apa bisa langsung hard reset?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah eksekusi toooooh...... kirain mo tanya2 dulu di grup find 5 mini official biar lebih manteb. yang jelas proses emang lama, tapi ngga 1,5 jam. nah, itu tadi milih 2GB bener ga?
      Trus lu yakin total penyimpanan lu 4GB? Kali aja lu dapet yg 8GB. soale yg 8GB ga bisa pake cara ini.
      Trus lu masih JB atau udah KK. Kalo KK, repartisinya ga bisa pake yang ini.

      Salah satu sebab gw minta lu mampir ke grup find 5 mini official di facebook biar lu tau dulu hape lu jenis & tipe yang mana R827nya. Tau2 udah eksekusi ajah.

      Sekedar ngingetin, resiko ditanggung operator, bukan yg bikin tutorial.

      Hapus
    2. wah ternyata udah berhasil yg kemaren. gue barusan cek udah 2 GB storagenya.
      thanks infonya bro.

      oiya berarti ini udah gak bisa update OS lagi ya?

      Hapus
    3. Bisa, update ga ngecek size partisi /data & /sdcard0 kok. Ganti rom pun juga gampang. TAPI kalo mau upgrade ke versi KK, harus pake custom recovery versi KK dan repartisi versi KK karena custom recovery JB masih pake Kernel JB, kalo custom recovery KK udah pake Kernel KK & LP. Repartisi KK karena partition mappingnya KK ga sama dengan JB.

      Hapus
  24. mimin, help dong? kalo kita mau balikin hp oppo find5 mini ke sedia kala (di repartisi ke memori bawaan) gimana caranya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap baru bales, abis sakit bro. sebenernya gampang aja sih, coba repartisi lagi tapi pilih yang 1GB sehingga akan balik lagi ke partition table aslinya

      Hapus
    2. oke mimin tankyyu banget ya masukanya. makin sukses ya mimin

      Hapus
  25. Gan, hp oppo joy ane kan habis di switch partition tuh, tp skrg malah tiap ss ato ngambil foto malah msk nya ke memori internal ya? Padahal sebelumnya gak gitu. Settingan nya juga gak ada yg brubah “lokasi pemasangan yg disukai” msh ke kartu sd tp tetap aja masuknya ke memori internal. Mohon pencerahannya.
    Eror juga di pilihan memori aplikasi, hanya ada pilihan sistem dan usb, tidak ada kartu sd,
    Eror termasuk di kamera setelah media penyimpanan sya ubah ke kartu sd, kamera tidak bisa terbuka,muncul peringatan penyimpanan tidak tersedia, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Gw ga tau kalo oppo joy, ga punya devicenya, lagian dimari device Find 5 Mini.
      2. Seinget gw kalo ga salah di grup joy udah ada script repartisi mirip script repartisi yg gw tulis dimari, jadi ngapain switch partition???
      3. Jeleknya switch partition itu tuh make skema partition table ala KitKat keatas di device yg masih Jelly Bean, ya otomatis ngaco semua sistemnya karena sistem ga dimodifikasi sesuai perubahan yang dilakukan. Repartisi disisi lain ga merubah partition table Jelly Bean, cuma menggeser besar partisi /sdcard0 untuk memperbesar partisi /data tanpa menghapus /sdcard0 sama sekali, dengan begini maka partition table tetap terjaga dan jauh lebih aman.

      Hapus
    2. Slah tnya itu mas, punya saya find 5 mini
      Tpi problemnya juga sama

      Hapus
    3. Setahu gw switch partition cuma di JB. Udah kejawab di point ke 3 jawaban gw ke elu. Jd, lu musti switch partition sekali lagi, root, pasang custom recovery (cwm) trus repartisi deh. Cara ini lebih aman.

      Hapus
    4. Btw itu cara yg dibilang sama salah satu teknisi oppo, tapi gw sendiri blom pernah nyoba karena gw ga pernah ngalamin switch partition. Kalo lu pede sih silahkan aja, gw cuma bisa saran aja.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  26. Kenapa punya gue gagal terus ya saat update mod phan vung nya gan mohon pencerahannya

    BalasHapus
  27. Gan mau nanya klo os kitkat gmna caranya yaa,, soalnya ada teman saya hp sama dan color os jga sama tp dia internalnya sampai 8gb sementara punyaku cuma 4gb..

    BalasHapus
  28. Kalo OS KK, coba gabung ke grup Find 5 Mini yg official di FB bwt penjelasan lebih lanjut (kalo 4GB). Kalo 8GB ga perlu repartisi apapun karena skema partition map udah standard google dan master disana + gw ga ada device bwt bikinin repartisi 8GB.

    BalasHapus
  29. Kalo OS KK, coba gabung ke grup Find 5 Mini yg official di FB bwt penjelasan lebih lanjut (kalo 4GB). Kalo 8GB ga perlu repartisi apapun karena skema partition map udah standard google dan master disana + gw ga ada device bwt bikinin repartisi 8GB.

    BalasHapus
  30. Ada yang punya repartisi untu kitkat gak, udah nyari di doc link mati semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap2 udah setaon lebih gw move on jadi ga baca lagi comment2. Maap ya!

      Hapus
  31. Link rom repartisi hangus gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap2 udah setaon lebih gw move on jadi ga baca lagi comment2. Maap ya!

      Hapus