This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Rabu, 02 Mei 2018

Masang Google Camera di Xiaomi Mi A1 pake command line di Linux

Saban hari gw nulis tutorial masang adb & fastboot di Linux (Lubuntu 16.04), nah sekarang memanfaatkan adb & fastboot bwt masang Google Camera tanpa harus rooting hape Xiaomi Mi A1

Bahan :
1. Adb dan Fastboot keinstall di desktop Linux.
Kalo Lubuntu 16.04, kemari aja
2. Twrp.img.
Ambil di sini, trus bongkar sampek ketemu twrp.img, copy file twrp.img ke folder /Desktop
3. Matiin semua password, fingerprint dan keamanan lainnya.
4. Enable-kan oem unlock & usb debug.
5. Tes apakah adb devices konek.
Buka terminal emulator, masuk ke /Desktop (karena twrp.img ada disono), trus tes adb konek apa ngga.

Caranya masang Google Camera pake adb & fastboot (dalam bahasa inggris aja yah, males translatenya) :

FOLLOW THESE commands:
1.To see if the phone is detected.
Code:
adb devices
Reboot in fastboot mode.
Code:
2.adb reboot bootloader
3.To see if the phone in fastboot is detected.
Code:
fastboot devices
Bootloader unlock.
Code:
fastboot oem unlock
4.Boot into twrp. (don't touch the phone in twrp).
Code:
fastboot boot twrp.img
5.To see if the phone is detected.
Code:
adb devices
Code:
adb shell
6.Enable HAL3
Code:
setprop persist.camera.HAL3.enabled 1
7.Enable EIS.
Code:
setprop persist.camera.eis.enable 1
8.Exit of adb shell.
Code:
exit
9.Reboot in fastboot mode.
Code:
adb reboot bootloader
10.To see if the phone in fastboot is detected.
Code:
fastboot devices
11.Bootloader lock.
Code:
fastboot oem lock
12.Reboot into system.
Code:
fastboot reboot

Kalo step diatas udah, silahkan download Google Camera apk mana aja di sini.

Jumat, 20 April 2018

Masang ADB dan Fastboot di Lubuntu 16.04 bwt Ngoprek Android

Ada 1 aplikasi di android (hape gw yg Mi A1 sekarang ini & hape bini gw yg Moto G5S Plus) yang ga gw root (karena pure android gitu looo katanya) yg butuh permission sedikit diatas normal user (tapi belom sampek Super User atau Root Access). Sesuai tutornya katanya gw butuh adb dan fastboot tapi dari hasil search gw kok 2 tools itu cerita Windoze semua, ga nemu yg Linux padahal Android tuh kan wrapper di kernel Linux. Maka gw search lebih dalem lg dan nemu juga adb dan fastboot di Ubuntu dan kawan2nya, so here it is :

Installing ADB dan Fastboot di Lubuntu 16.04 :
1. buka terminal dan update + upgrade kaya' biasa
2. kalo udah, ketik :
sudo apt-get install android-tools-adb android-tools-fastboot
3. done. sekarang ngecek koneksi ke androidnya.

Cek koneksi ADB ke Android :
1. di Android, munculin Developer options. Tiap hape beda caranya n gw lupa bwt yg Mi A1 
    gw dan Moto G5S Plus bini gw.
2. on-kan USB debugging

3. cek notifikasi, rubah USB for charging ke USB for file transfer (MTP) (kadang2 cuma tertulis USB for file transfer doang)
4. balik ke terminal Linux, ketik :
adb version
kalo nginstallnya bener, bakalan ada tulisan :

Android Debug Bridge version 1.0.32
5. biar ADB server konek ke Android, ketik :
adb devices
nanti ada tulisan :
* daemon not running. starting it now on port 5037 *
* daemon started successfully *
List of devices attached 
9b9c9bab0504 unauthorized
karena baru pertama kali maka tulisannya unauthorized, jangan panik, liat di layar Android harusnya ada :
setelah di okein maka adb devices hasilnya :
List of devices attached 
9b9c9bab0504 device
yang artinya Android konek ke ADB.

Nah, kalo sukses konek ke ADB, biasanya konek ke Fastboot bisa, caranya ya Android musti masuk ke Fastboot mode dulu, habis itu ketik Fastboot devices kaya di ADB. Simple kan?

Senin, 16 April 2018

Tambahan Tricks :

https://lubuntu.me/tip-opensnap/
https://lubuntu.me/tip-3d-desktop/
https://lubuntu.me/tip-clock/
https://lubuntu.me/tip-areosnap/
https://lubuntu.me/tip-compton/
https://lubuntu.me/tip-skippy/
https://lubuntu.me/tips-tricks/

Top Menu @XFCE-Panel

Nyambung postingan sebelomnya, barusan nemu Top Menu plugin bwt XFCE-Panel, karena settingan Lubuntu 16.04 gw make XFCE-Panel jadi gw cobain :

Plug-in Top Menu di XFCE-Panel
1. install yg dibutuhin :
    cara manja gw sih buka terminal, ketik :
sudo apt install xfce4-topmenu-plugin libtopmenu-client-gtk2-0 libtopmenu-server-gtk2-0 libtopmenu-client-gtk3-0 libtopmenu-server-gtk3-0 topmenu-gtk2 topmenu-gtk3
2. bikin file topmenu-gtk.sh di /etc/profile.d/, isi dengan
#!/bin/sh

export GTK_MODULES=$GTK_MODULES:topmenu-gtk-module
    cara manja gw sih habis install langsung ketik sudo leafpad trus isi

    save di /etc/profile.d/ dengan nama file topmenu-gtk.sh

3. save dan restart, abis itu add plugin hasilnya kaya gini :
catatan : gw ga pake ginian karena ribet ngatur lebar XFCE-Panel setelahnya.

Right-Click | Open Folder As Root @PCMANFM

Udah lama kaga nulis yah, hehehehehehe, lagi banyak masalah, harap maklum. Nah, ini sebenernya trick lama, tapi baru aja keinget setelah 4 bulan instalasi Lubuntu 16.04 (kalo ga salah 4 bulan sih) silahkan dicoba :

Nongolin "Open Folder As Root" di PCMANFM :
1. bikin ~/.local/share/file-manager/actions 
    cara manja ala gw mah buka terminal dan sudo pcmanfm aja

2. bikin file root.desktop
    cara manja ala gw mah klik-kanan | Create New > Empty File | namain root.desktop

3. isi dengan :
[Desktop Entry]
Type=Action
Tooltip=Open Folder As Root
Name=Open Folder As Root
Profiles=profile-zero;
Icon=gtk-dialog-authentication

[X-Action-Profile profile-zero]
MimeTypes=inode/directory;
Exec=/usr/bin/gksu /usr/bin/pcmanfm %u
Name=Default profile

4. jangan lupa permission atur owner ke root.
    cara manja ala gw mah tinggal save aja dr langkah diatas file root.desktop
5. matiin semua PCMANFM, trus buka lagi dan tes klik-kanan di folder manapun, ntar kelihatan "Open Folder As Root"

Senin, 13 Februari 2017

Command Bwt Shutdown, Reboot, Suspend, Hibernate Tanpa Masukin Password

Saban hari pernah nulis "Command Bwt Matiin Tanpa Masukin Password" Nah ini versi agak lebih kumplit :

1. Reboot :
/usr/bin/dbus-send --system --print-reply --dest="org.freedesktop.ConsoleKit" /org/freedesktop/ConsoleKit/Manager org.freedesktop.ConsoleKit.Manager.Restart

2. Shutdown :
/usr/bin/dbus-send --system --print-reply --dest="org.freedesktop.ConsoleKit" /org/freedesktop/ConsoleKit/Manager org.freedesktop.ConsoleKit.Manager.Stop

3. Suspend :
/usr/bin/dbus-send --system --print-reply --dest="org.freedesktop.ConsoleKit" /org/freedesktop/ConsoleKit/Manager org.freedesktop.ConsoleKit.Manager.Suspend

4. Hibernate :
/usr/bin/dbus-send --system --print-reply --dest="org.freedesktop.ConsoleKit" /org/freedesktop/ConsoleKit/Manager org.freedesktop.ConsoleKit.Manager.Hibernate

Nah, masalah Suspend dan Hibernate ga jalan di desktop, mungkin kalo di lapotop jalan (belom tes sih).

Nah command bwt Reboot dan Shutdown gw aplikasiin di desktop gw via OBMenu (maklum doyan Openbox)

Selasa, 03 Januari 2017

Flash Plugin yg Ga Jalan di Lubuntu 12.04

Yang masih make Ubuntu 12.04 dan turunannya pasti ngerasa Flash Plugin ga jalan di Browser, baik Firefox maupun Chromium.

Caranya supaya bisa make Flash Plugin lagi, coba uninstall Flash Plugin lain (Pepperflash atau sebangsanya) trus install :
1. adobe-flashplugin dan
2. adobe-flash-properties-gtk (kalo make gnome)
Reboot deh.