This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Sabtu, 28 Juni 2014

Caranye Masang Linux, Kendala2 Buat First Time User Sama Keuntungan Make Linux 2

Udah liat postingan sebelumnya? kalo belon ya liat gih! kalo udah ya ini lanjutannya.

Keuntungannya make linux :

1. Yang jelas sih virus2 Windoze ga jalan di lingkungan Linux, ibarat virus AIDS yang bekerja di tubuh manusia pasti ga jalan di tubuh ikan mas. Kok gitu? Ya karena building bloknya (bahasa programnya) dan struktur susunannya ngga sama sehingga serangan virus2 Windoze ga akan ngaruh. Tapi bukan berarti ntuh virus bakal ngilang dari medianya (CD, FlashDisk ato Harddisk) cuma ngga bekerja aja. Begitu ntuh virus ke-copy ke media lain n dicolokin ke Windoze ya aktif lagi virusnya (buat windoze user, soriii emang dari sononya gitu). Tapi bukan berarti Linux ga punya virus, ada kok n malah lebih seram. cuma karena sistem distribusi software Linux yang terkendali dengan adanya repository (gudang software) maka serangan virus ngga se-massive virus2 Windoze. So karena ngga ada antivirus (emang ga butuh sih) tapi sebaiknya menjaga sumber software linux tetep di versi stable, kecuali kalo mau berpetualang sih.


2. Banyak software Linux yang fokus untuk pekerja2 tertentu. Contoh, software untuk guru mengajar, atau dosen untuk melakukan penelitian rata2 ada di repositorynya. Sebagai contoh, guru jaman sekarang disuruh make Kurikulum 2013, jadi bakal sering2 bikin mindmap, nah di Linux ada software gratisan buat bikin mindmap yang juga dipake para pakar penelitian di dunia namanya FreeMind. Mau bikin diagram? ada LibreOffice Draw. Mau ngedit foto? ada Gimp. Mau ngegambar bebas? ada Inkscape. Sekian banyak Software dengan kelebihan dan kekurangannya masing2 dan ngga bikin dunia kiamat cuma untuk mempelajarinya kok. One more thing, untungnya ga usah browsing banyak2 buat nyari software stable, ada package managernya jadi mereka ngedaftar software yang sudah di-test stable untuk distribusinya.

3. Kalo ngerasa Linux tuh aneh, berarti ngga tau kalo Linux itu dipake orang mulai dari sever website Google.com sampek mesin absensi sidik jari di kantor. Dari Google Drive sampek hape Android make Linux. Kok bisa? karena Linux tadinya dibuat untuk jadi Operating System (Windozenya) server yang ringan dan modular. Karena sifatnya modular maka bisa di-permak untuk sistem2 yang lebih kecil dan lebih modular seperti hape bahkan mesin absensi finger-print pun pake. Kok Windoze ga bisa? Windoze dibuat untuk kepentingan all-rounder, apa aje bisa, ga spesifik. Sekarang Linux pun bisa dibuat ga spesifik penggunaannya sehingga end user yang ngga tau programming kaya gw aja bisa makenya.

Getooo!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar