This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Sabtu, 28 Juni 2014

Caranye Masang Linux, Kendala2 Buat First Time User Sama Keuntungan Make Linux 1

Dulu gw tertarik Linux karena Bosen kena virus mlulu, bosen jadi virus hunter buat komputer sekantor dan bosen ngadepin auto-update semua produk Windoze (walau gamenya keren2 sih)

Gw browsing sana sini n belajar nginstall Linux (salah 2 dari Operating System Alternatif buat laptop gw). Ternyata setelah mencoba beberapa kali dan menemukan kendala2, akhirnya berhasil juga.

Kita mulai dari kendala2 dulu, knapa? karena gw mulainya dulu juga yang gw temuin kesulitan yang solusinya susah bener nyarinya. Tapi kalo kita berusaha sih pasti bisa salah satunya sabar.
 
Nah, ini kendala2 yang gw temuin seinget gw saat mencoba nginstall Linux :

1. Dari awal browsing sering ketemu protes orang mo nginstall Linux tapi ngga bisa karena hardware yang ngga kompatibel. Saat itu gw ga ngerti kenapa, jadi berpikir kenapa ngga laptop gw ini gw cari nama2 komponennya seperti VGAnya apa n merek apa, Soundprocessornya apa n merek apa sampek Harddisknya pula. trus cari di mbah google apakah masing2 komponen cocok sama Linux. Alhamdulillah cocok, jadi lanjut deh.

2. Salah satu yang gw temuin saat nyari kompabilitas hardware laptop gw (cocokologi) adalah ga semua software atau aplikasi yang tersedia di komunitas Linux juga kompatibel dengan yang ada di komunitas Windoze. Kekecewaan sempet melanda, tapi demi motivasi awal gw, gw ga pengin perjalanan gw ke dunia yang ngga tau ini berhenti gara2 bikin file yang ngga kompatibel doang. So, gw lanjutin (sori rada nekad)

3. Gw bukan programmer, tapi kalo ngomongin kabel ato wiring laptop boleh deh, karena gw S1 Teknik Elektro, Elektronika pula. Pastinya yang namanya script programming gw ga ngerti. Tapi kalo gw ga belajar sedikit, berarti gw lebih goblok dari monyet, jadi gw belajar deh. Bukan hal yang gampang tapi gw ga nyerah gitu aja kok.

So, kesimpulannya adalah kalo mo ngistall linux, lu musti :
1. Cek kompabilitas hardware lu, apakah sudah ada drivernya di Linux. Inget2, Linux tuh open source, jadi yang bikin driver bukan orang manufacture, tapi orang yang juga kerja kantoran kaya' elu, berkumpul dalam satu komunitas untuk mencoba membuat dunia semakin indah dengan keberagaman (gw lagi norak hehehe tapi emang itu yang gw temuin). And, kalo hardware lu ga cocok, bisa jadi distribusi linux lain bisa cocok. Kalo ngga juga sih ya ngga nasib nyobain Linux. Tapi jangan sedih, bisa jadi ada orang nun jauh disana lagi bikin drivernya hardware elu so sabar aja-lah dulu.

2. Jangan pernah ngarepin file2 yang pernah lu bikin bisa jalan 100% di Linux dan sebaliknya. Karena programmer Linux seperti yang gw bilang tadi, juga orang2 kaya' elu, bukan orang manufacture, kerja kantoran, jadi guru dan laen2 dan mereka bergabung dalam satu komunitas (tergantung distribusi Linuxnya sih) mencoba membuat dunia semakin indah dengan keberagamannya (yup lagi2 norak). Mereka berusaha ngebuat program dengan kompabilitas file2 yang mirip (ga 100% sama looh) dengan format file2 yang sudah ada (mainstream). Usaha mereka patut dihargai looh padahal softwarenya banyak banget yang gratisan alias ga perlu bayar, tinggal download doang.

3. Kalo masalah software sih rasa2nya banyak keterbatasan pula, tapi tenang aja, rata2 software di linux selalu mengalami penyempurnaan kok. So, kalo mau yang aman, selalu pilih yang versi stable, kalo merasa pingin bertualang, yah pilih aja versi alpha, beta dan RC (Release Candidate). Kok gitu? ya kalo mau berpetualang sih sekalian juga bantu developing software dong, itu juga kalo bisa (gw sih kaga bisa wong bukan programmer, hehehehehe)

Nah itu semua kendala2nya. Kalo bener2 tertarik sih, melangkahlah ke dunia yang gw jamin elu bakal ngga ngerti (gw juga ngga ngerti sih hehehe) tapi menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar