This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Kamis, 06 Maret 2014

Bikin Laptop jadi pengganti pedal efek gitar

Harga Efek Gitar yang mahal bener bikin gw mikir gimana caranya supaya bisa maen gitar listrik gw dengan efek yang "WOW" gituh, so gw cari info sana sini dan ditemukan bahwa Linux punya software pengolahan sinyal audio yang bisa bikin suara seolah punya efek gitar sendiri. (ini postingan pernah gw bikin sebelumnya di blog laen pake bahasa inggris)

Gini caranya :
1. Install yang diperlukan dulu : sudo apt-get install jackd qjackctl patchage guitarix rakarrack.

2. Colokin kabel gitar ke laptop sama gitarnya, kalo ke laptop karena colokannya kecil, beli interface colokan gede ke kecil, bisa dicari di toko audio.


3. Nyalain qjackctl trus atur settingannya, klik tombol start, kalo udah stabil nyalain patchage sama guitarix ato rakarrack ato dua2nya juga boleh.



4. Atur sambungan koneksi audio pake patchage.

5. Tinggal maen deh.

Catatan 1 : Di langkah ke 4, samain settingan patchage dengan qjackctl tadi (screenshot menyusul)
Catatan 2 : Banyak yang bilang noisenya tinggi banget pake laptop, gw selidiki ternyata masalahnya adalah : 
a) Kabel yang dipake sumpeh udah jelek banget, baik kondisi ataupun tipe kabel yang dipake ngga support beban listrik dari Laptop ke Gitar dan sebaliknya, ganti aja ngga mahal kok; 
b) Sumber Listrik ngga stabil, kalo mau pake stabilizer aja; 
c) Volume line-in kegedean, kecilin pake pavucontrol aja; 
d) Interface colokan gede ke kecil ngga bagus, kalo masalah ini gw udah beli banyak dan cobain satu2, emang blom dapet yang pas sih, tapi gw goyang2 sana sini akhirnya dapet rada lumayan enak kok (bukan solusi hehehehehe).
 Gw saat mau beli gitar listrik di Gramedia Bintaro Plaza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar