This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Senin, 16 April 2018

Right-Click | Open Folder As Root @PCMANFM

Udah lama kaga nulis yah, hehehehehehe, lagi banyak masalah, harap maklum. Nah, ini sebenernya trick lama, tapi baru aja keinget setelah 4 bulan instalasi Lubuntu 16.04 (kalo ga salah 4 bulan sih) silahkan dicoba :

Nongolin "Open Folder As Root" di PCMANFM :
1. bikin ~/.local/share/file-manager/actions 
    cara manja ala gw mah buka terminal dan sudo pcmanfm aja

2. bikin file root.desktop
    cara manja ala gw mah klik-kanan | Create New > Empty File | namain root.desktop

3. isi dengan :
[Desktop Entry]
Type=Action
Tooltip=Open Folder As Root
Name=Open Folder As Root
Profiles=profile-zero;
Icon=gtk-dialog-authentication

[X-Action-Profile profile-zero]
MimeTypes=inode/directory;
Exec=/usr/bin/gksu /usr/bin/pcmanfm %u
Name=Default profile

4. jangan lupa permission atur owner ke root.
    cara manja ala gw mah tinggal save aja dr langkah diatas file root.desktop
5. matiin semua PCMANFM, trus buka lagi dan tes klik-kanan di folder manapun, ntar kelihatan "Open Folder As Root"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar